DEGENERATIF & KARDIOVASKULER “PEMBUNUH & PENYEBAB CACAT UTAMA”

Penyakit pembunuh utama di berbagai belahan dunia telah berubah, jika dulu penyakit akibat infeksi merupakan pembunuh utama saat ini penyakit degeneratif dan kardiovaskuler merupakan pembunuh utama, termasuk di Indonesia. Penyakit seperti hipertensi, atherosclerosis, dan diabetes adalah penyebab kematian mendadak yang umum dijumpai saat ini.
Penyakit tersebut dulunya jarang ditemui di Asia namun sangat umum di Eropa. Namun ketika gaya hidup orang Eropa berupa kemewahan hidup dan makanan menyebar ke Asia, penyakit tersebut juga mudah didapati di Asia. Ya! Pola hidup dan pola makan adalah penyebab utama terjadinya penyakit tersebut di samping adanya faktor penyebab lain seperti genetis.
Masukan kalori yang berlebihan, asam lemak jenuh, kolesterol, dan kurangnya olahraga adalah penyebabnya. Penelitian intensif telah dilakukan di berbagai negara untuk mencegah dan mengobati penyakit-penyakit tersebut. Sebenarnya hal itu bisa dicegah dengan pola makan dan pola hidup yang sehat
Prinsip utama dari semua zat makanan adalah “CUKUP”, yaitu tidak kurang tidak lebih sesuai kebutuhan. Nutrisi apapun yang dalam jumlah normal memberikan manfaat bagi kesehatan bisa malah merugikan kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Begitu juga bila terjadi kekurangan, maka juga akan timbul masalah kesehatan.

Penyakit-penyakit pembunuh utama
Atherosclerosis
Serangan jantung…penyebab kematian yang sangat sering dijumpai saat ini dan semakin lama makin banyak orang yang terserang. Serangan jantung adalah salah satu dampak dari atherosclerosis. Atherosclerosis secara sederhana bisa diartikan sebagai penyempitan pembuluh darah, berdasarkan fakta lapangan, resiko terbesar terjadinya atherosclerosis terdapat pada orang dengan kadar kolesterol darah yang tinggi, rasio HDL/LDL yang rendah, dan kadar trigliserida darah yang tinggi. Tetapi mengapa orang dengan kadar kolesterol yang tinggi mempunyai resiko atherosclerosis yang lebih tinggi? Berikut penjelasannya yang dimulai dari apa sebenarnya kolesterol itu.


Apakah kolesterol itu?
Kolesterol adalah senyawa sejenis lemak (lipoprotein) yang dibuat dalam hati/liver dan bersirkulasi dalam darah. Dalam tubuh kolesterol mempunyai banyak sekali fungsi, namun jika berlebihan kolesterol akan sangat merugikan. Kolesterol merupakan bahan pembentukan hormon pria dan wanita, berguna dalam pembentukan sel, turut berfungsi dalam jaringan syaraf, dan fungsi utamanya adalah menjaga kondisi pembuluh darah agar tetap baik.
Liver memproduksi kolesterol dalam jumlah secukupnya sesuai kebutuhan tubuh. Namun kadar kolesterol dalam darah juga dipengaruhi oleh makanan, kolesterol dalam makanan dan konsumsi asam lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol (asam lemak adalah pemicu kolesterol yeng lebih kuat dari daging).
Saat kolesterol berlebih itulah bisa terjadi proses penyempitan pembuluh darah. Tanpa kita sadari, pembuluh darah kita sebenarnya terus menerus diserang oleh benda asing misalnya radikal bebas, serangan itu menyebabkan terjadinya luka/sobek pada pembuluh darah. Kemudian kolesterol dibawa dari liver ke lokasi sobekan tersebut untuk “menambal” agar tidak terjadi kehilangan darah dan kerusakan lebih lanjut. LDL kolesterol adalah pembawa kolesterol dari liver, dan HDL kolesterol mengembalikan kelebihan kolesterol ke liver (jenis kolesterol ada beberapa antara lain LDL, VLDL, HDL).
Jika kelebihan kolesterol tidak dikembalikan ke liver, maka kolesterol dalam pembuluh darah akan teroksidasi dan menumpuk pada pembuluh darah. Jika hal itu terjadi terus menerus maka akan terjadi penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah bisa berujung pada serangan jantung, gagal jantung, stroke,dan hipertensi
Apakah penyakit jantung koroner dan serangan jantung?
Penyakit jantung koroner adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri koroner (pembuluh darah yang memasok darah untuk jantung) karena pengendapan kolesterol.
Serangan jantung adalah suatu kondisi di mana otot jantung di suatu area mati atau rusak karena terhentinya pasokan oksigen. Terhentinya pasokan oksigen bisa terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah menuju jantung (arteri koroner) oleh gumpalan darah. Gumpalan darah ini terbentuk karena pecahnya endapan kolesterol dalam pembuluh darah.

Resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung
Berdasarkan penelitian, resiko terjadinya jantung koroner dan serangan jantung banyak terjadi pada
– orang yang merokok
– tekanan darah tinggi
– terlalu banyak lemak dalam diet
– tingginya kadar kolesterol dalam darah terutama LDL tinggi dan HDL rendah
– laki-laki
– usia
– keturunan
Perubahan pola hidup untuk atherosclerosis
Hipertensi
Tekanan darah adalah gaya yang menekan pembuluh darah ketika jantung memompa darah, besarnya tekanan darah ditentuan oleh kekuatan gaya, jumlah darah yang dipompa dan ukuran serta kelenturan pembuluh darah. Tekanan darah tinggi umumnya terjadi ketika
1. Jantung memompa darah dengan tenaga berlebih
2. Pembuluh darah menyempit
Kedua faktor tersebut bisa timbul sendiri-sendiri namun sering terdapat bersamaan.
Tekanan darah tinggi atau hipertensi ditandai dengan tekanan darah diastolik>90 mmHg dan/atau tekanan darah sistolik>140 mmHg. Urutan besarnya tekanan darah adalah sebagai berikut :
Tekanan darah normal : <120 / <80 Pre-hipertensi : 120-139 / 80-89 Hipertensi ringan : 140-159 / 90-99 Hipertensi menengah-berat : >160 / >100

Gejala dan faktor resiko
Hipertensi seringkali disebut sebagai “pembunuh diam-diam” karena seringkali penderitanya tidak merasakan gejala apapun dan tiba-tiba mengalami komplikasi yang berat. Gejala hipertensi yang berat adalah perasaan malas, bingung, sakit kepala, mual, dan menurunnya penglihatan.
Orang harus sangat waspada jika mereka berada pada faktor resiko hipertensi yaitu :
– usia di atas 40 tahun
– kegemukan
– riwayat keluarga hipertensi
– jenis kelamin wanita
– diabetes
– faktor emosi (gelisah, stress, depresi)


Komplikasi hipertensi.
Tubuh manusia bisa mentoleransi tekanan darah yang tinggi selama beberapa bulan hingga satu tahun, namun jika hipertensi berlangsung terus menerus bisa berakibat fatal. Tekanan darah yang tinggi akan merusak pembuluh darah pada jantung, ginjal, otak dan mata

Komplikasi hipertensi
Komplikasi lain yang bisa terjadi adalah disfungsi seksual pada pria, berkurangnya ingatan dan fungsi mental dan rapuh tulang.

Diabetes
Diabetes (diabetes mellitus, kencing manis) adalah penyakit sepanjang hidup yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi. Tingginya kadar glukosa darah bisa disebabkan oleh terlalu sedikitnya insulin yang diproduksi atau kekebalan terhadap insulin atau keduanya.
Untuk memahami diabetes, penting untuk mengerti proses yang terjadi ketika makanan dicerna :
– glukosa masuk kedalam aliran darah, glukosa adalah sumber energi tubuh
– pankreas menghasilkan insulin, fungsi insulin adalah untuk membawa glukosa ke jaringan otot, lemak, dan sel liver sebagai sumber energi di sana
Penderita diabetes mempunyai kadar glukosa yang tinggi karena pankreasnya tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup dan/atau jaringan otot, lemak dan livernya tidak merespon insulin secara baik.
Sebagai panduan, kadar gula darah yang normal adalah :
– sebelum makan : 80-120 mg/dl
– setelah makan : <180 mg/dl (tes dua jam setelah mulai makan)
– ketika tidur : 100-140 mg/dl
Diabetes (DM) digolongkan menjadi dua kelompok yaitu DM tipe 1, yang tergantung pada insulin, dan DM tipe 2 yang tidak tergantung pada insulin.
DM tipe 1, umumnya telah didiagnosa sejak masa kanak-kanak, terdapat kelainan pada pankreas sehingga produksi insulin tidak ada/tidak cukup. Penderita DM tipe 1 harus mendapatkan masukan insulin dari luar secara terus menerus selama hidupnya.
DM tipe 2, sebenarnya pankreas bisa memproduksi insulin tetapi jumlahnya kurang atau terjadi resistensi insulin, yaitu insulin tidak bisa berfungsi dengan baik. Umumnya kadar insulin pada penderita DM tipe 2 cukup memadai, namun insulin tersebut tidak bisa mengatur kadar glukosa darah karena terjadi kelainan metabolisme yag disebut sebagai resistensi insulin. Jumlah penderita DM tipe 2 jauh lebih banyak dari penderita DM tipe 1, diperkirakan 90-95% DM merupakan DM tipe 2.
Gejala diabetes
Karena glukosa berlebihan dalam darah, tubuh akan membuangnya lewat ginjal, lewat proses itulah terjadi gejala sebagai berikut :
– rasa haus yang sangat
– seringkali buang air kecil
– mudah merasa lapar
– mudah lelah
Resiko diabetes
– riwayat keluarga dengan diabetes (saudara atau orangtua dengan diabetes)
– kegemukan, terutama timbunan lemak pada pinggang
– usia diatas 45 tahun
– hipertensi
– kadar trigliserda tinggi, terutama lebih dari 250
– kadar kolesterol tinggi, terutama HDL kurang dari 35
– kurangnya aktifitas dan olahraga
– pola makan yang salah
Komplikasi
Kadar gula dalam darah yang tinggi sangat berbahaya karena bisa merusak pembuluh darah, di mana pembuluh darah yang rusak bisa menyebabkan kebocoran darah dan cairan. Karena merusak pembuluh darah komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes antara lain :
– pada mata : penurunan penglihatan hingga kebutaan
– pada otak : stroke
– pada ginjal : gagal ginjal
– pada jantung : penyempitan pembuluh darah/jantung koroner
– pada kaki : rusaknya jaringan kaki, hingga harus diamputasi

Stroke
Stroke didefinisikaan sebagai berhentinya aliran darah ke bagian manapun dari otak yang menyebabkan kerusakan jaringan pada otak. Jika aliran darah ke bagian otak berhenti selama lebih dari beberapa detik saja maka karingan otak akan mati dan menimbulkan terjadinya kecacatan permanen, mengingat fungsi otak merupakan pengendali berbagai fungsi tubuh. Kecacatan yang terjadi bisa berupa kehilangan penglihatan, kesulitan bicara, ataupun kelumpuhan tergantung dari bagian otak mana yang mengalami kerusakan. Stroke merupakan salah satu pembunuh utama, di negara-negara berkembang stroke telah menjadi pembunuh nomor 3 dan jumlah kasusnya selalu bertambah setiap tahunnya.
Penyebab stroke ada dua yaitu penyumbatan pembuluh darah di otak atau pendarahan pada pembuluh darah otak. Umumnya stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah, pendarahan otak hanya terjadi jika pembuluh darah robek atau terjadi luka hebat.
Stroke akibat penyumbatan
Penyebab utama stroke umumnya adalah atherosclerosis, timbunan lemak dan platelet darah menumpuk pada dinding pembuluh darah dan membentuk plak. Berangsur-angsur plak tersebut menghalangi aliran darah dan suatu ketika menghentikan aliran darah ke otak. Stroke tidak hanya terjadi jika penyumbatan terjadi di otak, gumpalan darah yang ikut aliran darah juga bisa berhenti di pembuluh darah otak dan menyebabkan stroke, fenomena ini disebut embolisme.
Stroke akibat pendarahan otak
Pendarahan otak terjadi ketika pembuluh darah kecil dalam otak menjadi lemah dan akhirnya pecah, pecahnya pembuluh darah tersebut menyebabkan berhentinya pasokan darah dan matinya jaringan otak.
Gejala stroke
– tiba-tiba mati rasa dan lemah pada wajah, tangan, kaki, terutama pada satu sisi tubuh
– tiba-tiba menjadi bingung, kesulitan berbicara dan mengerti
– tiba-tiba terjadi kesulitan melihat pada satu atau kedua mata
– tiba-tiba sulit berjalan, pusing dan kehilangan keseimbangan dan koordinasi
– tiba-tiba merasa sakit kepala yang parah tanpa sebab yang pasti
Faktor resiko stroke
– hipertensi
– usia
– riwayat keluarga
– merokok
– penyakit jantung
– diabetes
– obesitas
– kolesterol dan lemak lain yang tinggi
– faktor emosi (stress dan depresi bisa memicu terjadinya stroke)
– obat-obatan yang memicu pembekuan darah
– alkohol
– penggunaan kokain

Penyakit persendian (arthritis)
Reumatik (rheumatoid arthritis)
Didefinisikan sebagai penyakit kronis dimana ada persendian yang mengalami radang yang menyebabkan terjadinya pembengkakan, rasa sakit, keterbatasan gerak dan kemungkinan kehilangan fungsi. Reumatik bisa berlangsung singkat dan tidak meninggalkan kecacatan, namun juaga bisa berlangsung bertahun-tahun yang menyebabkan terjadinyakerusakan persendian secara permanen.
Rematik merupakan penyakit penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang organ tubuhnya sendiri. Penyakit ini dimulai dengan adanya peradangan pada sendi dan terus berlanjut hingga terjadi kerusakan jaringan kolagen dan kartilage pada persendian. Tidak hanya itu, rematik juga bisa mempengaruhi organ lain seperti paru-paru sehingga sangat berbahaya.
Gejala
– pembengkakan dan rasa sakit pada persendian
– kakunya persendian pada pagi hari, baru kembali lentur setelah lebih dari satu jam
– mudah lelah
– demam
– penurunan berat badan
Penyebab penyakit ini masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan penyebabnya sangat kompleks dan melibatkan berbagai faktor seperti infeksi, metabolisme dan lingkungan

Osteoarthritis (pengapuran)
Didefinisikan sebagai penyakit kronis yang menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan kartilage (jaringan lunak pada persendian yang membuat pergerakan lancar) dan menimbulkan pembentukan tulang diantara persendian. Penyakit ini adalah penyakit persendian yang paling umum diderita oleh kalangan usia lanjut, gejalanya sudah bisa muncul pada usia 40 tahun, sering munsul di usia 50 tahun dan hampir pasti di usia 70 tahun.
Penyebab penyakit ini juga kurang jelas, tetapi pengapuran diasosiasikan dengan faktor metabolisme, usia, makanan, dan keausan persendian.
Kegemukan
Kegemukan ditandai dengan berat badan yang berlebihan jauh diatas angka ideal. Kegemukan terjadi karena kalori yang masuk melalui makanan melebihi kebutuhan kalori tubuh. Kelebihan kalori tersebut kemudian ditimbun dalam bentuk lemak, bila kelebihan kalori terjadi terus menerus maka timbunan lemak yang terjadi juga terus bertambah. Satu hal yang patut dicermati bahwa umumnya penderita kegemukan pasti juga menderita salah satu/lebih penyakit degeneratif dan kardiovaskuler. Penderita obesitas sangat beresiko terhadap penyakit diabetes, hipertensi, maupun kardiovaskuler. Selain itu obesitas juga mengganggu aktifitas dan mengurangi nilai penampilan

Pola makan
Manusia memerlukan makanan untuk hidup, selain untuk memberikan energi makanan juga menyuplai mineral, vitamin, dan zat-zat yang berguna bagi tubuh.
Kolesterol
Kolesterol adalah senyawa sejenis lemak (phospholipid) , kolesterol dijumpai disemua jaringan hewan. Kolesterol ini sebenarnya berguna untuk. Namun jika terjadi kelebihan kadar kolesterol dalam darah maka yang terjadi adalah. Kolesterol dibagi menjadi dua kelompok yaitu HDL kolesterol dan LDL kolesterol.
Lemak
Lemak sangat berguna bagi tubuh, zat ini berfungsi sebagai sumber energi, pembawa vitamin dalam darah, serta berbagai fungsi metabolisme tubuh. Lemak sangat berguna jika dikonsumsi secara benar, baik jumlah maupun jenisnya karena ada lemak yang baik bagi kesehatan namun juga ada yang buruk
Pola konsumsi lemak yang salah bisa memicu timbulnya atherosclerosis, obesitas dan diabetes, namun pola konsumsi yang berimbang justru akan menyehatkan.
Gula
Gula merupakan salah satu sumber energi utama dalam tubuh. Namun konsumsi gula secara sembarangan juga membawa bencana, diabetes merupakan ancaman utama.
Protein
Protein berguna sebagai bahan pembentukan sel-sel tubuh. Protein bisa diperoleh dari bahan makanan hewani atau dari tumbuhan. Konmsumsi protein yang tinggi bisa berarti konsumsi lemak dan kolesterol tinggi. Hal itu terjadi bila protein yang dikonsumsi berasal dari daging dan sumber makanan hewani, karena daging dan bagian tubuh hewan lainnya selalu mengandung lemak dan kolesterol.
Berbeda bila protein yang dikonsumsi berasal dari tumbuhan, maka tidak ada masukan kolesterol. Meskipun masih ada masukan lemak dari tumbuhan, umumnya lemak dari kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk kesehatan.
Serat


Gaya Hidup kurang sehat
Kurang olahraga
Meningkatnya tingkat kemakmuran suatu bangsa selalu diiringi oleh peningkatan kemewahan dimana semakin kecil usaha yang dikerjakan untuk memperoleh sesuatu. Contohnya orang tidak perlu lagi berjalan atau menaiki sepeda karena sudah tersedia mobil atau motor, contoh lain tidak perlu lagi berjalan menaiki tangga karena ada lift atau elevator. Selain itu makanan yang tersedia juga semakin lezat dan mewah banyak tersedia daging, telur, kue yang manis dan camilan aneka rupa.
Sepintas hal tersebut menawarkan kepraktisan, efisiensi, dan kenyamanan. Namun di sisi lain semua kemajuan dan kemewahan juga membuat manusia kurang bergerak padahal dalam waktu yang bersamaan banyak kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi. Akibatnya terjadi penumpukan kalori karena tidak seimbangnya kebutuhan kalori (yang sebanding dengan gerak badan) dengan kalori yang masuk dari makanan. Kelebihan kalori tersebut bisa berakibat pada kegemukan, atherosclerosis, dan diabetes.
Rokok
Rokok merupakan gaya hidup yang sama sekali tidak mempunyai dampak positif secara nyata dan justru menawarkan banyak sekali potensi kerugian. Dalam asap rokok terkandung ratusan jenis senyawa beracun yang tidak hanya merugikan para perokok tetapi juga orang-orang disekitarnya (perokok pasif).

————————

|HOME|PRODUK|ARTIKEL|PROFIL USAHA|BLOG|PUSAT PEMASARAN|PAKET PROMO|TESTIMONI / KESAKSIAN|ORDER CEPAT|GARANSI PENGIRIMAN|AGEN|

————————

KENAPA PRODUK BUNGA MATAHARI SANGAT BERMANFAAT?

Produk bunga matahari mempunyai banyak kandungan nutrisi penting antara lain omega 6, omega 9, vitamin E, serta vitamin dan mineral (Helios dan kapsul Prima). Kadar nutrisi penting dari masing-masing produk adalah :

Healthy Helios PrimaPlus 99
Omega 6 72,64 % 31% 43% 35%
Omega 9 18,26 % 8% 11% 9%

Manfaat omega 6 dalam tubuh adalah diolah menjadi berbagai zat aktif yag berguna dalam metabolisme tubuh. Dalam tubuh omega 6 diolah menjadi :

Konsumsi suplemen omega 6 dari bunga matahari sangat bermanfaat, sesuai kaidah agama dan medis, serta terjangkau. Manfaat yang didapatkan jauh lebih besar dari nilai suplemen yang dibeli. Para pengguna di atas hanyalah contoh kecil dari orang-orang yang telah kembali sehat dengan produk bunga matahari, masih banyak sekali yang belum tercantum disini.

————————

MARI KEMBALI SEHAT !

Menuju masa depan yang lebih cerah, demi profesi & demi keluarga Anda semua

 Untuk informasi produk hubungi :

PUSAT PEMASARAN

Produk Herbal – CV Bunga Matahari – Blitar

GRIYA UTAMA Jl. Vanda 17 RT 009 RW 05 Jatibening Satu

Jatibening Baru – Pondok Gede – Bekasi – Jawa Barat

SMS / WhatsApp : 0818-0839-7543

Pin BBM : 517A FB9D

E-mail : nurbaeti@herbal-bungamatahari.com

Website :http://herbal-bungamatahari.com

PEMBAYARAN ONLINE

VIA TRANSFERRek. BCA 2301423952

a.n. Nur Baeti Mustikasari

Rek. MANDIRI 166-00-0005336-3

a.n. Nur Baeti Mustikasari

PEMESANAN PEMBELIAN & KONFIRMASI

SMS / WhatsApp : 0818-0839-7543

Pin BBM : 517A FB9D

e-mail : nurbaeti@herbal-bungamatahari.com

website:http://herbal-bungamatahari.com

————————

Suplemen omega 6 solusi untuk hipertensi, jantung koroner, stroke, diabetes, kolesterol tinggi, trigliserida, asma, maag kronis, reumatik, asam urat, mengembalikan kebugaran, melenturkan otot dan sendi-sendi, meningkatkan stamina, dan menghaluskan kulit.

Terutama bagi anda yang telah berobat kemana-mana tanpa hasil.

————————

|HOME|PRODUK|ARTIKEL|PROFIL USAHA|BLOG|PUSAT PEMASARAN|PAKET PROMO|TESTIMONI / KESAKSIAN|ORDER CEPAT|GARANSI PENGIRIMAN|AGEN|

————————

Comments are closed.